Contoh salah satu m-commerce yang saya ajukan adalah restoran mobile. Menurut saya, bisnis ini memiliki peluang yang besar dan menjanjikan dikarenakan di daerah Kal-Bar terutama penduduknya, sangat menyukai berbagai sajian kuliner.
Berdasarkan survei terhadap penduduk Kal-Bar khususnya daerah Pontianak dan sekitarnya, hampir sebagian besar diantaranya menyukai memperoleh makanan dari luar atau tidak memasak sendiri di rumah, yang mungkin dikarenakan sibuknya pekerjaan, malas membuat sendiri atau malas membeli bahan, ataupun untuk kumpul-kumpul sama teman. Makanya banyak bermunculan restoran-restoran yang dibuka baik dari yang mewah sampai yang sederhana. Namun tentu saja tempat makan yang selalu ramai pastilah tempat makan yang menawarkan makanan dengan harga yang murah meriah, dengan kuantitas yang banyak, serta penyajiannya yang cepat. Tiga syarat itulah yang harus dipenuhi ketika membuka bisnis kuliner untuk meningkatkan daya saing, keuntungan, dan pelanggan. Oleh sebab itu, seiring dengan berkembangnya IT, kunci keberhasilan pun dapat kita raih dengan cara mengembangkan teknik memobilisasikan bisnis kuliner. Sebagai contoh, kita membuka sebuah bisnis restoran yang menyajikan berbagai menu makanan tradisional. Setiap tamu yang datang kita ajak mereka apakah ingin menjadi member, dengan catatan kita memberi tahu mereka kalau member akan mendapat diskon setiap ada event tertentu atau akan menerima jasa layanan pengantaran pesanan makanan yang akan diberitahu oleh pihak restoran melalui telepon genggam via sms. Dari informasi yang diberikan tamu tersebut, kita bisa menjalankan m-commerce dengan cara memberikan informasi ke member-member kita seperti menu makanan keluaran terbaru dengan harga tertentu yang bilamana pada hari itu dibeli di tempat akan memperoleh diskon, lalu jika ada balasan dari pelanggan, kita menanyakan kembali apakah ingin memesan meja dan ingin memesan menu lain sehingga bila mereka datang, semuanya sudah dipersiapkan yang mana hasilnya pelanggan akan merasa diperhatikan dan dimanjakan yang tentu saja akan meningkatkan keuntungan bisnis.Contoh m-commerce kedua yang saya ajukan adalah suplemen kesehatan. Bisnis ini bisa kita lakukan di tempat di mana terdapat aktivitas olahraga seperti gym. Pelanggan atau olahragawan yang datang berlatih kita meminta informasi mengenai mereka. Jadi bila ada informasi mengenai suplemen kesehatan terbaru atau yang laku, kita bisa memberitahu mereka dan memberikan mereka pilihan untuk pemesanan dan pembelian. Hal ini tentu saja menguntungkan dikarenakan para olahragawan pasti membeli suplemen-suplemen tersebut untuk menjaga kesehatan dan kebugaran badan mereka apalagi diberikan informasi secara langsung dan cepat seperti melalui perangkat genggam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar