e-Business atau Electronic business dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi,dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha. Secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM.
Marketspace adalah arena di internet, tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli secara bebas seperti layaknya di dunia nyata (marketplace). Mekanisme yang terjadi di marketspace pada hakekatnya merupakan adopsi dari konsep “pasar bebas” dan “pasar terbuka”, dalam arti kata siapa saja terbuka untuk masuk ke arena tersebut dan bebas melakukan berbagai inisiatif bisnis yang mengarah pada transaksi pertukaran barang atau jasa.
Seluruh perusahaan, tanpa perduli ukuran dan jenisnya, dapat menerapkan konsep e-Business, karena dalam proses penciptaan produk maupun jasanya, setiap perusahaan pasti membutuhkan sumber daya informasi.
7 strategi taktis untuk sukses dalam e-Business
- Fokus. Produk-produk yang dijual di internet harus menjadi bagian yang fokus dari masing-masing manajer produk.
- Banner berupa teks, karena respons yang diperoleh dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari banner berupa gambar.
- Ciptakan 2 level afiliasi. Memiliki distributor penjualan utama dan agen penjualan kedua yang membantu penjualan produk/bisnis.
- Manfaatkan kekuatan e-mail. E-mail adalah aktivitas pertama yang paling banyak digunakan di Internet, maka pemasaran dapat dilakukan melalui e-mail atas dasar persetujuan.
- Menulis artikel. Kebanyakan penjualan adalah hasil dari proses edukasi atau sosialisasi, sehingga produk dapat dipasarkan melalui tulisan-tulisan yang informatif.
- Lakukan e-Marketing. Sediakan sebagian waktu untuk pemasaran secara online.
- Komunikasi instan. Terus mengikuti perkembangan dari calon pembeli atau pelanggan tetap untuk menjaga kepercayaan dengan cara komunikasi langsung.
Perbedaan e -business dengan e -commerce
e-commerce adalah proses pembelian, penjualan, atau pengantian produk, pelayanan dan informasi dengan menggunakan jaringan internet sedangkan e-business adalah perluasan dari e-commerce , di mana tidak hanya pembelian dan pembayaran barang, dan pelayanan, tetapi juga disertai pelayanan konsumen, kolaborasi dengan partner bisnis dengan dukungan elektronik sebagai alat transaksi atau organisasi.
- Contoh 2 situs berbasis e-commerce :Sportsshoppingclub.comKedua situs tersebut sama-sama bergerak di bidang e-commerce atau perdagangan secara online mengenai barang-barang yang dibutuhkan dalam olahraga. Dilihat sekilas mata memang akan tampak berbeda baik desain halaman web maupun isinya. Tentu saja perbedaan tersebut didasari asal pemilik atau pembuat situs yang juga berbeda. Situs sportsshoppingclub berasal dari negara Florida sedangkan situs dunia-sports.com dari Indonesia. Jadi tidak mengherankan apabila bahasa yang digunakan juga berbeda, sportsshoppingclub menggunakan bahasa Inggris dan dunia-sports.com menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu pula perbedaan yang mencolok juga terletak pada desain halaman web. Di sportsshoppingclub.com terlihat lebih menarik dan menawan dibandingkan dengan dunia-sports.com. disamping itu pula, barang-barang yang ditawarkan di sportsshoppingclub.com lebih beraneka dan lengkap seperti baju olahraga, peralatan olahraga, bermacam-macam bola, dan sebagainya sedangkan di dunia-sports.com sebagian besar adalah sepatu dan baju. Keduanya menggunakan sistem pembayaran lewat rekening bank. Namun kalau dilihat dari sisi biaya, kelihatannya dunia-sports.com lebih murah dibandingkan dengan sportsshoppingclub.com mungkin disebabkan letak wilayah, kurs mata uang, dan biaya pengiriman barang..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar